- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Toyota Hilux Rangga
Toyota HiLux Rangga merupakan kendaraan niaga ringan yang diproduksi oleh Toyota.
perusahaan otomotif asal Jepang sejak 2023. Dengan mengambil basis dari HiLux, HiLux Rangga diposisikan dibawahnya sebagai alternatif yang lebih simpel dan terjangkau. Model ini tersedia dalam opsi truk pick-up dua pintu atau cab-chassis dan menjadikan pasar di negara-negara berkembang sebagai pasar utamanya. HiLux Rangga dipratinjau oleh sebuah mobil konsep pick-up yang bernama Toyota IMV 0 yang dirilis pada 14 Desember 2022 dalam rangka perayaan ulang tahun Toyota Motor Thailand ke-60 yang dipandu oleh Akio Toyoda. Akio Toyoda mengatakan bahwa "Peluncuran resmi yang sebenarnya itu satu tahun dari sekarang, tapi saya ingin kalian semua melihatnya untuk pertama kalinya!".
IMV 0 kemudian
ditampilkan di ajang GIIAS ke-30 pada 10 Agustus 2023 sebagai Rangga Concept.
Nama tersebut sebelumnya sudah dipakai untuk salah satu varian dari Toyota
Kijang di era 90an. IMV 0 juga ditampilkan dalam rangka perayaan ulang tahun
Toyota Motor the Philippines ke-35 pada 22 Agustus 2023 sebagai The Next
Generation Tamaraw Concept dengan dua varian, truk pick-up dengan dek rata
lantai layaknya Rangga Concept dan Jeepney modern yang membuktikan betapa
modular-nya IMV 0. IMV 0 kembali dipratinjau di ajang Japan Mobility Show 2023
pada Oktober 2023 dengan beragam aplikasi seperti mobile café, truk kargo,
ambulans, kendaraan off-road dan mobil kemah. Versi produksinya dirilis pada 27
November 2023 di Thailand sebagai HiLux Champ. Tersedia dalam opsi SWB dan LWB,
dimana LWB hanya tersedia dalam variasi mesin 2,400cc 4-segaris turbodiesel.
Dengan mengambil basis dari platform IMV
HiLux Rangga didesain dan dikerjakan oleh Toyota-Daihatsu Engineering & Manufacturing (TDEM) dengan berkolaborasi dengan tim insinyur dari Jepang dan Australia. Model ini mengusung desain yang tangguh dengan penggunaan garis-garis mengotak dan didesain untuk modularitas, karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemilik.
Jasa karoseri pun dapat membuat bagian belakang berdesain khusus untuk
dipasang dengan bolt, menjadikan konversi truk ini lebih mudah. Dengan berbagi
platform dari HiLux, mobil ini memakai sasis ladder frame yang sama, yang
dilengkapi dengan suspensi belakang model per daun. Untuk kemudahan dalam
penggunaan di dalam kota, HiLux Rangga dibuat dengan kabin dan kap mesin yang
lebih kecil. Rak setir juga ada sedikit ubahan dari HiLux untuk membuat radius
putar 4,9 meter (16,1 kaki) untuk versi SWB. Sebagai fitur standard, HiLux
Champ (spek Thailand dari model ini) memakai pelek 14-inci model kaleng, kursi
untuk tiga orang (varian bertransmisi otomatis hanya dua penumpang), power
window (sisi driver), Dual SRS Airbags, ABS dan EBD.
VARIAN HARGA
- Toyota Hilux Rangga Cab
Chassis 2.0 Standard MT
Manual, 1998 cc Rp 190,3
Juta (OTR)
- Toyota Hilux Rangga Pickup
2.0 Standard MT
Manual, 1998 cc Rp 195,2
Juta (OTR)
- Toyota Hilux Rangga
Pickup 2.0 Standard MT 3Way
Manual, 1998 cc Rp 196,2
Juta (OTR)]
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar