SELAMAT DATANG DI TOKO KAMI

TOYOTA INNOVA

Toyota Kijang Innova adalah sebuah mobil berjenis MPV yang diproduksi oleh Toyota sejak tahun 2004, utamanya dijual dengan tiga baris kursi. Di negara lain, mobil ini hanya disebut Toyota Innova. Kijang Innova pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 sebagai generasi kelima dari keluarga Toyota Kijang. Untuk generasi kedua, mobil ini dikenal sebagai Toyota Innova Crysta di India dan Thailand. Untuk generasi ketiga, mobil ini dikenal di Indonesia sebagai Toyota Kijang Innova Zenix, di India sebagai Toyota Innova HyCross, di Filipina sebagai Toyota Zenix, dan di Vietnam sebagai Innova Cross. Innova merupakan penerus dari Kijang Super, yang juga dipasarkan dalam beberapa nama yang berbeda, seperti Tamaraw FX/Revo, Unser, Zace dan Condor. Seperti empat generasi Kijang sebelumnya, dua generasi (2004-2022) Innova memakai sasis body-on-frame dan sistem penggerak roda belakang, seperti HiLux dan Fortuner. Ketiganya berada dalam proyek IMV Toyota. Sasis ini dipakai karena kekuatan dan durabilitas-nya yang dapat diandalkan, terutama di Indonesia. Generasi ketiga dari mobil ini memakai sasis Toyota New Global Architecture (TNGA) berjenis GA-C dengan konstruksi unibody dan sistem penggerak roda depan untuk mendukung penggunaan mesin hybrid dan memberikan kenyamanan lebih. Innova pertama kali diproduksi di Indonesia pada Agustus 2004 dan telah diproduksi di beberapa negara lainnya seperti India, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam. Innova juga dijual di Brunei Darussalam, Kamboja, Myanmar, Singapura, Thailand, negara-negara di Teluk Arab (GCC), Ekuador, Mesir, Jamaika, dan Argentina. Innova kembali menjadi mobil terlaris di Indonesia pada tahun 2023 bila total penjualan Innova generasi kedua (Reborn) dan Innova generasi ketiga (Zenix) digabung, setelah sebelumnya Innova generasi pertama pernah menjadi mobil terlaris di Indonesia pada tahun 2005. Nama "Innova" diambil dari kata dalam bahasa Inggris, yaitu 'Innovate' yang artinya berinovasi. Pada September 2004, Toyota meluncurkan Innova generasi pertama (berkode AN40) di Indonesia. Kehadiran mobil ini menyusul kehadiran Avanza pada tahun 2003 untuk menggantikan Kijang generasi keempat model long-wheelbase. Di Indonesia, mobil ini dipasarkan sebagai Kijang generasi kelima dengan nama Kijang Innova untuk melanjutkan garis keturunan dengan generasi keempat dan mengusung jargon, "Beautiful Revolution". 



Mobil ini juga diposisikan lebih atas dari pada sang adik. Dikembangkan dari tahun 1999 oleh Kaoru Hosokawa, chief enginner dan product planning leader dari Toyota Commercial Vehicle Development Centre. Target produksinya di Indonesia adalah 80,000 unit, termasuk 10,000 unit untuk pasar ekspor. Kijan Innova 30 mm (1.2 in) lebih panjang dan 100 mm (3.9 in) lebih lebar dengan bentuk yang lebih membulat daripada Kijang generasi keempat model long-wheelbase. Wheelbase-nya sendiri juga 100 mm (3.9 in) lebih panjang. Tidak seperti pendahulunya, Innova dilengkapi dengan sistem keselamatan modern, seperti ABS dan Airbag karena ini didesain sebagai produk berorientasi global. Teknologi lain yang diperkenalkan di Innova adalah throttle-by-wire dan VVT-i. Mobil ini memakai suspensi depan Independent Double Wishbone dengan Pegas Koil dan Stabiliser dan suspensi belakang Multi-link solid-axle dengan lateral rod.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini